Senyuman

menilai kepribadian

Di dunia bisnis dan pergaulan, kita akan menemukan orang-orang dengan karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada kalanya kita merasa cocok dengan kita, namun tak jarang mereka memiliki kepribadian dan watak yang bertentangan dengan kita. Insting alamiah manusia adalah untuk menilai seseorang berdasar penampilan dan tindak-tanduknya, dan otak kita akan memutuskan apakah seseorang ini akan cocok dengan kita atau tidak. Semuanya bisa terjadi dengan cepat tanpa kita sadari. Itulah sebabnya kadang kita merasa suka atau tidak senang terhadap seseorang tanpa kita tahu sebabnya.

Otak kita memiliki sistem sendiri untuk memilah-milah pribadi mana yang cocok dengan kita, dan mana yang tidak. Namun begitu, hendaknya kita juga tidak boleh menilai seseorang dari penampilan luarnya atau dari kesan pertama-nya saja. Ada banyak metode dan cara kita mempelajari kepribadian seseorang, salah satunya adalah dari senyumnya.

Saat ini, ada beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk mendalami kepribadian seseorang dari senyumnya. Perlu kita pahami bahwa tanpa kita sadari, senyuman menggambarkan kepribadian kita yang sebenarnya. Oleh karenanya, untuk mengetahui jenis kepribadian lawan bicara kita, bisa dilihat dari ciri atau jenis senyumnya.

Secara garis besar, senyum ada 4 macam. Berikut adalah jenis-jenisnya dan kepribadian apa yang bisa kita tangkap dari senyum-senyum di bawah ini:

1. Senyuman penuh tanpa memperlihatkan gigi. Senyuman ini akan diperlihatkan oleh seseorang aristocrat atau yang berkedudukan tinggi. Senyum tanpa memperlihatkan gigi menunjukkan pribadi seseorang yang elegan, formal, dan serius. Senyuman ini juga biasanya mencerminkan pribadi yang baik dan sopan.

2. Senyum tanpa menampakkan gigi, namun dengan lekukan senyum yang sangat lebar dan tertutup rapat-rapat. Berbeda dengan senyuman tipe pertama diatas, senyuman tipe ini biasanya menAndakan bahwa seseorang tersebut malu dengan keadaan gigi atau gusinya. Mereka berusaha keras untuk menutupi kekurangannya dengan menutup mulut rapat-rapat saat tersenyum. Biasanya mereka akan menutupi mulut dengan tangan atau menoleh kearah lain saat tertawa agar Anda tidak menyadari kekurangan tersebut.

menilai kepribadian

3. Senyuman dengan memperlihatkan sedikit gigi, namun dengan lengkung garis senyum yang tidak lengkap. Ini menAndakan bahwa seseorang tersebut tersenyum karena terpaksa. Bisa jadi bahwa seseorang tersebut tidak nyaman dengan topik atau guyonan Anda; namun bisa juga berarti memang dia memiliki pribadi yang tertutup dan tidak suka bersosialisasi. Apapun alasannya, jika lawan bicara Anda menunjukkan senyuman tipe ini, sebaiknya Anda segera menyudahi percakapan segera.

4. Senyuman lepas dengan menampakkan semua gigi secara natural. Senyum tipe ini biasanya dimiliki oleh pribadi dengan tingkat percaya diri yang sangat tinggi. Orang ini biasanya mampu membuat suasana meriah dan nyaman bagi orang-orang disekitarnya.

Dengan mengetahui pesan yang tersirat dari 4 jenis senyuman diatas, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang lawan bicara Anda nantinya. Selain itu, perhatikan pula gerakan mata dan body language nya untuk mengetahui lebih jauh mengenai dirinya.

Fun Facts: Pernahkah Anda sadari bahwa senyuman bisa menular? Sebuah penelitian di Swedia membuktikan hal tersebut: 2 audience dihadapkan satu sama lain, dan saat seseorang dari mereka tersenyum, maka audience satunya secara refleks juga ikut tersenyum.

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s