Bahaya Panas Extreme di Indonesia

1-

Di akhir bulan Oktober tahun 2015 ini pasti tidak sedikit dari kamu yang sedang menantikan hujan yang tak kunjung turun. Musim panas yang terjadi di tahun 2015 ini memang terbilang luar biasa. Tidak hanya panjang, suhu udaranya pun terbilang extreme sehingga membuat risiko kita mengalami gangguan kesehatan menjadi cukup besar. 

Suhu Rata-Rata di 3 Kota Besar Indonesia

Udara panas yang kita rasakan saat ini tergambar dari suhu rata-rata di 3 kota besar Indonesia berikut ini.

  1. Jakarta

Di Jakarta, berdasarkan informasi yang didapat dari situs accuweather.com, suhu rata-rata antara tanggal 6-10 Oktober 2015 adalah 23,6-32,4 derajat celcius. Sedangkan suhu rata-rata antara tanggal 6-10 Oktober 2014 adalah 23,8-33,8 derajat celcius.

  1. Semarang

Di Semarang, berdasarkan informasi yang didapat dari situs accuweather.com, suhu rata-rata antara tanggal 6-10 Oktober 2015 adalah 23,3-29,2 derajat celcius. Sedangkan suhu rata-rata antara tanggal 6-10 Oktober 2014 adalah 24,2-29,2 derajat celcius.

  1. Surabaya

Di Surabaya, berdasarkan informasi yang didapat dari situs accuweather.com, suhu rata-rata antara tanggal 6-10 Oktober 2015 adalah 24,6-34,8 derajat celcius. Sedangkan suhu rata-rata antara tanggal 6-10 Oktober 2014 adalah 23,8-35,4 derajat celcius.

Waspada Dehidrasi!

Ada beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan panas extreme dan yang paling sering terjadi adalah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Cuaca yang sangat panas membuat kita semua lebih mudah berkeringat dan jika tidak segera diganti cairan di dalam tubuh menjadi berkurang sehingga bisa terkena dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh).

Baca Juga: Waspadai Tanda-Tanda Dehidrasi Agar Bisa Tetap Produktif

Sebuah info kesehatan yang dikutip dari Mayo Clinic, Leigh Vinocur, MD, juru bicara American College of Emergency Physicians, mengungkapkan bahwa saat kehilangan cairan, volume darah juga akan menurun dan bisa berpengaruh pada setiap organ di dalam tubuh.

Cegah Dehidrasi dengan Cara Ini!

Cara yang paling mudah untuk mencegah dehidrasi adalah minum air yang cukup. Berapa jumlah yang disarankan supaya tidak terkena dehidrasi? International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan untuk minum air ketika sudah merasa haus atau dahaga dan tidak berlebihan, cukup 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya kamu memiliki berat badan 50 kg maka minumlah sebanyak 1,5 liter per hari.

Saran ini cukup masuk akal karena berat badan memang berpengaruh pada jumlah air yang harus diminumnya per hari. Mereka yang memiliki berat badan lebih berat (gemuk) membutuhkan jumlah air yang lebih banyak dibandingkan mereka yang berat badannya lebih ringan (kurus).

Waspadai Juga Gangguan Kesehatan Ini!

Selain dehidrasi, gangguan kesehatan yang harus kita waspadai karena cuaca panas dan sinar matahari yangmenyengat adalah gangguan mata, heatstroke dan iritasi kulit. Jika tubuh sudah terasa tidak nyaman, segera konsultasikan ke dokter dan jangan lupa mintalah tips kesehatan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya selama musim panas extreme di tahun 2015 ini.

 

 

sumber

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s