Perubahan Gaya Hidup Pengguna Smartphone

Smartphone saat ini sudah menjadi sebuah bukan lagi sekedar alat untuk berkomunikasi satu sama lain. Tetapi lebih dari itu. Ada banyak hal yang bisa kita temukan dalam sebuah smartphone. Seperti video player, music player, kamera, radio, internet, dan aplikasi lainnya akan kita temukan, yang semuanya sangat mungkin kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Sekarang ini, smartphone sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Bahkan bisa menjadi sebuah gaya hidup baru untuk memiliki dan menggunakan sebuah smartphone dalam kehidupan sehari – hari.

Perlahan – lahan tapi pasti, smartphone akan merubah gaya hidup seseorang. Apa saja yang akan dirubah oleh smartphone tersebut..? Akan saya jabarkan sedikit tentang apa saja yang akan dirubah smartphone pada kehidupan kita.

1. Smartphone membuat ketergantungan.

Jika kita sering menggunakan smartphone kita, maka tidak akan dipungkiri bahwa kita akan menggunakannya terus menerus setiap hari. Ini bahkan bisa melebihi ketergantungan pengguna narkoba. Jika pengguna smartphone dipisahkan dari pemiliknya dalam 12 jam saja, maka mereka akan merasa galau.

Pengguna smartphone akan banyak meluangkan waktu mereka dalam samrtphone, entah bermain game, chatting, internet, bermain musik, dan lain sebagainya. Semua itu adalah hal yang wajar kita temui dalam smartphone, tetapi jangan sampai berlebihan karena akan membuat kita ketergantungan. Kita harus bisa mencegah hal tersebut terjadi.

perubahan gaya hidup pengguna smartphone

2. Merubah cara kita bersosialisasi.

Dengan sering menggunakan smartphone, cara kita bersosialisasi akan berubah. Seperti, saat kita menyapa teman kita dalam chatting, dalam bersosialisasi dengan guru, dosen, bahkan orang tua dan keluarga kita.

Kita akan terbiasa menyapa mereka dalam smartphone, tetapi kurang sekali dalam dunia nyata. Hal ini juga wajar mengingat smartphone sudah menjadi sebuah ketergantungan.

Saat ada rapat, kumpul dengan keluarga, bermain bersama teman, maka kita akan sibuk bermain smartphone kita. Kita akan sempatkan untuk menyapa orang – orang yang ada di dalam smartphone dengan membuat status sekarang sedang apa, dan menanggapi komentar mereka.

Para aparat desa yang memberi informasi dengan cara mengirim SMS ke semua warganya tanpa perlu mengadakan rapat, dan masih banyak lagi perubahan cara kita bersosialisasi dengan smartphone.

perubahan gaya hidup pengguna smartphone

 

3. Membuat kita lebih konsumtif.

Menggunakan smartphone terlalu sering juga membuat kita lebih konsumtif. Bukan hanya perkara kita sering berbelanja online, tetapi lebih dari hal itu. Seperti saat kita mendapat promo baru di mall bahwa ada diskon terbaru disana, maka kita akan langsung berangkat.

Seperti saat anda harus membeli paket internet untuk terus menggunakan layanan internet. Membeli pulsa untuk SMS dan telepon untuk kebutuhan berkomunikasi. Biaya listrik untuk charge daya dan power bank yang keseringan, sampai dalam satu hari charge baterai itu terjadi 4 kali lebih. Selain itu, juga ada jika kita ingin custom chasing atau warna smartphone kita. Juga saat smartphone kita tiba – tiba rusak, harus mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan smartphone, dan mungkin parahnya kita harus beli lagi.

Semua gaya hidup itu membuat anda mengeluarkan banyak biaya hanya untuk hal – hal yang anda temukan di smartphone atau hal yang berkaitan dengan smartphone.

 

Itulah beberapa faktor pada kebiasaan kita sehari – hari yang berubah seiring dengan kita menggunakan smartphone kita. Sehingga, terciptalah gaya hidup baru yaitu gaya hidup dengan menggunakan smartphone. Hanya kita yang bisa merubaha itu semua. Maka dari itu berhati – hatilah dalam menggunakan smartphone, dengan cara mengurangi jam penggunaan smartphone.

sumber : http://loperonline.com/perubahan-gaya-hidup-pengguna-smartphone/

Iklan

2 pemikiran pada “Perubahan Gaya Hidup Pengguna Smartphone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s