Begini Kemungkinan Asal Air yang Ada di Bumi

image

Jumlah air di bumi sangat melimpah. Bahkan, luas lautan sangat mendominasi komponen di bumi dibanding daratan yang ada. Kalau saja semua es di kutub mencair, maka daratan bisa menjadi berkurang lagi luasnya lantaran tenggelam.

Tahukah Anda, Kira-kira darimana air yang mengisi 70 persen komponen bumi tersebut berasal?
Menjawab pertanyaan ini bisa berkaca dari penelitian yang dilakukan Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI). Studi yang dipimpin Adam Sarafian tersebut menemukan bahwa lautan sudah lebih dulu ada dari perkiraan awal, yang diduga ketika tata surya terbentuk. Sebelumnya ilmuwan menganggap bahwa awalnya bumi kering dan tidak terdapat air.
Lantas, pada waktu usia bumi masih belia, muncul energi yang menjadi permukaan akhirnya mencair. Namun ada juga teori yang mengaitkan keberadaan air di bumi akibat tabrakan dengan komet yang menjadikan air akhirnya mengalir memenuhi bumi.
“ “Beberapa orang berpendapat bahwa molekul air di bumi karena proses penguapan atau tiupan angin dari ruang angkasa,” kata Horst Marschall, ahli geologi dari WHOI, seperti dikutip dari National Geographic. ” Untuk tujuan mencari tahu asal air ini, peneliti WHOI mencoba mempelajari batu meteor. Dalam meteorit ditemukan kandungan chondrite karbon  yang terbentuk bersamaan dengan lahirnya matahari. Penelitian juga difokuskan pada asteroit Vesta yang punya umur hampir serupa dengan munculnya tata surya kita yakni 14 juta tahun lalu.
“ “Ini meterorit primitif yang komposisinya menyerupai tata surya,” ujar Sune Neilsen dari WHOI. “Mereka mempunyai banyak air di dalamnya dan kami menduganya sebagai calon asal air bumi,” tambahnya. ” Dugaan ini makin kuat setelah peneliti juga menemukan kanungan karbon chondrite di batuan bumi. Ada keserupaan zat ini dengan asteroit Vesta. Dengan demikian ada dugaan bahwa bumi menjadi basah setelah munculnya air di permukaan dari batuan tersebut. Neilsen pun mengemukakan pendapat bawah bisa jadi di planet lain pun kini sedang muncul proses pembentukan air berdasarkan temuan tersebut.

Posted from WordPress for Android

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s