Remaja Wanita Habiskan 7,7 Jam untuk Bercermin

image

Tahukah Anda bahwa cermin dapat membuat seseorang, khususnya remaja wanita menjadi kurang percaya diri? Hal tersebut didasari oleh suatu penelitian di Inggris yang menunjukkan bahwa 70 persen remaja wanita usia 15 sampai 17 tahun cenderung menarik diri dari aktivitas sehari-hari karena tidak puas dengan penampilan mereka saat berkaca di depan cermin.

Kegelisahan ini muncul karena mereka menghabiskan rata-rata 7,7 jam per minggu untuk bercermin. Angka ini jauh lebih lama dari para pria yang hanya menghabiskan sekitar 4,5 jam per minggunya.
Lantas apa yang dipikirkan oleh para remaja putri ini saat bercermin? Psikolog Vera Itabiliana, M.Psi memaparkan, 53 persen remaja wanita akan mengatakan komentar-komentar negatif terhadap penampilannya saat melihat wajahnya di depan cermin.
“Kebanyakan dari mereka akan menyatakan dirinya kurang menarik, berkulit hitam, mata terlalu besar, jerawatan, komedoan, dekil, dan lain-lain. Kata-kata itu muncul akibat rasa tidak percaya diri mereka,” papar Vera di acara Siap Tampil Clean & Clear di Conclave, Jakarta Selatan, Sabtu, (12/9/2015).
Menurut psikolog yang praktik di Lembaga Terapan Universitas Indonesia itu, masa remaja dapat menjadi masa yang sangat membingungkan. Karena para remaja mengalami berbagai macam perubahan baik dari sisi emosional, fisik, dan kehidupan sosial mereka.
Sebagian dari perkembangan tersebut meliputi perilaku mereka untuk menjadi lebih mandiri, lebih mementingkan persahabatan dan mencari jati diri. Hal itu sangat terlihat khususnya pada remaja putri yang sedang mengalami masa pubertas.
“Bagi mereka, seolah ada yang terasa kurang di dirinya ketika bercermin. Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja. Tidak apa-apa untuk merasa ‘buruk’, karena remaja sedang mengalami masa pubertas, jadi mau sebaik apapun diri mereka di usia itu, tetap saja terlihatnya selalu buruk,” tutupnya

Posted from WordPress for Android

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s